Resensi Buku “ Urbanisasi dan Permasalahannya ”

Judul Buku : Urbanisasi dan Permasalahannya
Pengarang : Prof. Drs. R. Bintarto
Penerbit : Ghalia Indonesia
Tempat Terbit : Jakarta Timur
Tahun Terbit : 1984
Cetakan : I
Tebal Buku : 96 Halaman

Istilah atau kata “urbanisasi” merupakan istilah yang banyak dikenal oleh masyarakat dunia terlebih bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia ilmu pengetahuan, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Hal tersebut tak lepas karena urbanisasi sendiri merupakan permasalahan yang saat ini banyak dialami oleh berbagai negara di dunia. Urbanisasi merupakan suatu gejala, peristiwa atau proses yang sifatnya multi-sektoral, baik ditinjau dari sebab maupun dari akibat yang ditimbulkan. Permasalahannya nampak sederhana namun sifatnya sangat kompleks dan menyangkut berbagai aspek kehidupan.

Mengingat bahwa masalah urbanisasi merupakan masalah yang sangat kompleks dan terus mengalami peningkatan yang cukup berarti, dalam buku ini penulis berusaha memaparkan kepada pembaca mengenai seluk beluk permasalahan urbanisasi baik mengenai penyebab, tahapan dan juga beberapa cara yang mungkin dapat digunakan untuk dapat mengatasi masalah urbanisasi.

Isi buku terdiri dari 6 bab yang dilengkapi dengan berbagai pertanyaan dan tugas yang dapat lebih memudahkan pembaca dalam memahami permasalahan yang diulas dalam masing-masing bab. Dimulai dari bab pertama dimana pembaca akan diajak mengulas mengenai perspeksi urbanisasi yang menyoroti permasalahannya dari berbagai disiplin ilmu, yang dilanjutkan dengan penjelasan terhadap adanya perbedaan tafsiran atau interpretasi antara urbanisasi dan urbanisme.
                
Dalam bab kedua diulas mengenai pengertian urbanisasi, latar belakang geografis, dan uraian mengenai tahapan konsepsi urbanisasi. Bab ketiga merupakan ulasan lebih lanjut dari gejala urbanisasi, khususnya penjelasan menyangkut faktor dorong-tarik dan problema atau implikasi yang ditimbulkan. Isi dari bab selanjutnya ialah ulasan mengenai beberapa cara dalam menangani masalah urbanisasi.
                
Bab kelima membahas teori urbanisasi dengan menggunakan paradigma keruangan dan uraian mengenai potensi migran dari segi energi potensial dan energi kinetik, dilanjutkan dengan ulasan mengenai hubungan urbanisasi dengan penelitian. Dalam bab keenam disampaikan ulasan mengenai ruang lingkup geografi agar dapat digambarkan ruang lingkup geografi dan kaitannya dengan bidang keilmuan lainnya.
               
Buku Urbanisasi dan Permasalahnnya dimaksudkan untuk lebih meningkatkan perhatian masyarakat terhadap urbanisasi yang menimbulkan permasalahan di berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia yang kian memprihatinkan. Sehingga dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu memberikan masukan atau input bagi para mahasiswa, cendekiawan, ilmuan, dan para pejabat pemerintahan yang ingin menelaah lebih mendalam mengenai permasalahan urbanisasi dan dapat memberikan jawaban dalam menangani masalah urbanisasi yang ada.

Kelebihan
  1. Buku Urbanisasi dan Permasalahannya ini mampu menyuguhkan informasi yang mendalam dari permasalahan urbanisasi terlebih karena sumber yang digunakan dalam buku ini berasal dari berbagai sumber yang sudah teruji kebenarannya.
  2. Terdapat skema dan tabel yang dapat membantu pembaca untuk memahami isi dari suatu paragraf panjang yang dapat diperinci menjadi lebih detail.
  3. Dalam buku ini terdapat serangkaian pertanyaan dan tugas dalam bagian akhir masing-masing bab yang mampu lebih memudahkan pembaca dalam memahami permasalahan yang diulas dalam tiap bab.
Kekurangan
  1. Sebagai buku yang membahas mengenai masalah yang akan terus dialami oleh masyarakat dunia dalam saat yang tidak sebentar buku ini perlu mendapatkan cetakan ulang agar buku mampu bertahan dalam perkembangan zaman.
  2. Dalam buku ini terdapat beberapa istilah asing dan penggunaan sumber dengan bahasa asing yang belum diberi penjelasan yang mungkin kurang dapat memudahkan pembaca khususnya masyarakat awam dalam memahami isi bacaan.

Buku referensi dapat juga ditemukan di

Komentar

Postingan Populer